Peringatan Hari Buruh, PLN Beri Pelatihan Petugas Pelayanan Teknik untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan

GROBOGAN – Dalam rangka May Day atau peringatan hari Buruh, PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Grobogan memberikan pelatihan kepada Petugas Pelayanan Teknik (yantek) di Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan.
Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Grobogan, Artika Hadi Wibawa mengatakan pihaknya ingin memastikan bahwa seluruh petugas Pelayanan Teknik PLN di Kabupaten Grobogan dan Demak memiliki kompetensi yang mumpuni dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
“Kami menyadari hal ini sebagai hal yang mendasar, yang wajib dimiliki oleh setiap petugas agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN,” kata Artika, Rabu (7/5/2025).
“Sengaja kami laksanakan akademi Yantek ini karena petugas yantek yang merupakan ujung tombak dan citra PLN dimata pelanggan, hal ini juga kami lakukan dalam rangka memperingati hari Buruh” Sambung dia.
Menurut Artika, dengan pelatihan yang diberikan diharapkan para petugas yantek dapat lebih memahami tugasnya dalam menangani gangguan dan keluhan pelanggan, tanpa mengesampingkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
“Pelatihan Akademi Yantek ini diberikan dengan beberapa batch atau gelombang agar harapannya seluruh petugas dapat mengikuti tanpa mengganggu aktifitas pelayananan kepada pelanggan dan warga masyarakat,” ujar Artika.
Dia menjelaskan juga bahwa dalam akademi yantek ini, petugas diberikan pemahaman yang lebih mendalam akan keselamatan dan kesehatan kerja agar petugas selalu aman dalam melaksanakan pekerjaannya serta pentingnya aspek Integritas dalam pelayanan.
“Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia, merupakan semangat kami sebagai petugas PLN dalam melaksanakan pekerjaan. Harapannya seluruh petugas dapat Kembali ke keluarganya dalam kondisi sehat di setiap menyelesaikan pekerjaannya,” katanya.
Salah satu peserta Akademi Yantek, Rasmo menyampaikan antusiasnya dalam mengikuti kegiatan akademi yantek.
Kata dia, kegiatan ini sebagai salah satu wadah bagi petugas dalam meningkatkan soft skill dalam melaksanakan pekerjaannya terkhusus memberikan pelayanan kelistrikan kepada Masyarakat.
“Akademi yantek sangat bermanfaat untuk seluruh petugas Yantek. Beberapa hal yang disampaikan sekiranya dapat digunakan Ketika memberikan pelayanan kelistrikan ke pelanggan,” kata Rasmo